Video Detik-detik Paskibra Tana Toraja Gagal Naikkan Bendera, Dandim Marah Besar!

ads1



Bendera Merah Putih nyaris gagal dikibarkan di lapangan sepak bola Kelurahan Pattan Ulusalu, Kecamatan Saluputti, Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan, Kamis (17/8/2017).


Pasalnya, tali di tiang bendera terputus saat bendera dibentangkan oleh anggota Paskibra Tana Toraja.


Danram 1414 - 01 Kapten Inf Agustinys Ruruk yang betindak sebagai komandan upacara tetap memberikan komando penghormatan kepada sang saka merah putih, dalam keadaan bendera tetap di tangan Paskibra.


Lagu Indonesia Raya pun berkumandang dan dinyanyikan oleh peserta upacara termasuk Bupati Tana Toraja Nocodmeus Biringkanae yang bertindak sebagai inspektur upacara.


Bendera merah putih baru dapat dinaikkan setelah lagu Indonesia Raya selesai dan personel Polres dan Protokoler Pemkab Tana Toraja membantu menyambung tali.


Pengibar Bendera yang bertugas saat tali bendera lepas yakni Julianto Saba pelajar dari SMKN 1 Tana Toraja, Herliyan Sulle pelajar dari SMA Kristen Makale, dan Agung Gunawan Undu pelajar dari SMA Katolik Makale.


Dandim 1414 Tana Toraja Letkol Cpn. Jimmy Sirait, marah besar dan langsung mengumpulkan para perangkat upacara dan anggota Paskibra.


Hadir menyaksikan insiden ini yang juga ikut dalam upacara Wakil Bupati Tana Toraja Victor Datuan Batara, Kapolres Tana Toraja AKBP Yohanes Richard Adrinds, Kepala BNNK Tana Toraja AKBP Dewi Tonglo, dan Kajari Tana Toraja Jaka Suparna.


Saat TribunToraja.Com mengkomfirmasi kepada ketiga petugas pengibar bendera ini, mereka "no comment".


Kejadian tak biasa saat pengibaran Sang Saka Merah Putih di Tana Toraja ini ikut memantik reaksi warganet.


"Putus tali bendera" teriak peserta upacara di jajaran panggung undangan.


Di akun Facebook Tribun Timur Berita Online Makassar ramai reaksi netizen.


Ada yang salut dengan perjuangan Pasukan Pengibar Bendera Merah Putih sigap agar bendera tidak menyentuh tanah.


Ada juga yang menyoroti Pemkab setempat karena tidak mengecek persiapan upacara 17 Agustusan. Termasuk mengganti tali bendera yang tidak kuat.


Berikut videonya:



ads2